Obat Gatal Biduran Alami Paling Ampuh

Obat Gatal Biduran Alami Paling Ampuh

Posted by

Obat gatal biduran alami paling ampuh Biduran atau urtikaria adalah reaksi kulit yang ditandai dengan bilur berwarna merah atau putih yang terasa gatal. Bilur ini dapat muncul di satu bagian tubuh atau menyebar ke bagian tubuh lainnya. Ukuran dan bentuk bilur pun bisa berbeda-beda, dari beberapa millimeter hingga sebesar tangan. Banyak obat biduran yang bisa anda coba untuk mengatasi biduran dengan berbagai jenis. Biduran terjadi karena ada faktor penyebabnya, selain alergi masih banyak penyebab gatal biduran.

Obat Gatal Biduran Alami Paling Ampuh

5 Penyebab biduran

  1. Perubahan Cuaca

Perubahan cuasa mempengaruhi terjadinya biduran pada tubuh anda, memang tidak semua orang mengalami biduran, hanya penderita biduran saja yang mengalami gatal atau kambuh saat perubahan cuaca tinggi. Biduran seperti ini biasanya akan hilang sendiri dan butuh waktu sembuh hingga empat jam. Jika lebih dari empat jam tidak sembuh maka harus mengunjungi dokter untuk mendapatkan obat.

  1. Olahraga Berlebihan

Beberapa orang juga bisa terkena biduran karena berolahraga secara berlebihan. Masalah ini belum diketahui karena ada penyebab yang berbeda. Bisa saja ketika tubuh merasa terlalu panas dan lelah maka biduran akan muncul.

  1. Pengaruh Obat-Obatan

Beberapa jenis obat yang bisa menyebabkan reaksi biduran adalah seperti aspirin, obat penekan rasa sakit, obat penghilang rasa sakit, ibuprofen, obat anti inflamasi dan obat pengatur tekanan darah. Kondisi ini biasanya sering terjadi pada pasien setelah menjalani prosedur operasi. Tes alergi bisa diberikan untuk mengetahui reaksi alergi terhadap obat dan mencegah biduran.

  1. Pengaruh Bahan Pewarna Makanan

Bahan pewarna makanan mengandung bahan kimia khusus yang memang bisa menyebabkan reaksi alergi. Kondisi ini paling sering terjadi pada anak-anak yang memang tidak bisa menerima makanan dengan banyak bahan tambahan.

  1. Pengaruh Bahan Pengawet

Bahan pengawet yang sering menjadi bahan tambahan untuk makanan seperti produk olahan daging, minuman, dan snack juga bisa bisa menyebabkan alergi. Reaksi alergi paling sering terjadi pada orang yang memang sangat peka terhadap bahan-bahan ini. Bahan pengawet yang membentuk reaksi pada bahan makanan itu sendiri juga bisa menyebabkan resiko masalah kesehatan lain.

Meskipun untuk penderita biduran sangat gampang kambuh, tetapi biduran dapat di sembuhkan kara banyak cara mengobati biduran, sebelum anda mengobati biduran baik dengan obat baik itu apotek atau obat biduran alami sebaiknya anda mengetetahui jenis jenis biduran, agar pengobatanya sesuai dengan jenis biduran yang sedang anda alami.

Baca juga: Obat gatal di sekitar kemaluan

Jenis-jenis biduran

  1. Biduran akut

Biduran akut, yang merupakan alergi (IgE-mediated) adalah hal yang umum terjadi pada anak-anak dan orang dewasa. Alergen yang dapat menyebabkan urtikaria akut adalah makanan, obat-obatan (terutama antibiotik seperti penisilin), dan racun dari lebah, tawon, jaket kuning, lebah, atau semut api. Hampir semua alergen yang dapat disebarkan ke seluruh tubuh, dan yang ada respon IgE, memiliki potensi untuk menyebabkan urtikaria paling umum.

  1. Biduran spontan kronis dan angioedema

Biduran spontan kronis dan angioedema didiagnosis ketika gatal-gatal dan bengkak yang hadir selama lebih dari enam minggu dan ketika itu telah ditetapkan bahwa sebuah episode berkepanjangan jelas biduran bukanlah hasil dari episode berulang urtikaria akut.

  1. Biduran fisik

Secara fisik diinduksi gatal-gatal atau pembengkakan umum yang disebabkan oleh faktor lingkungan seperti perubahan suhu atau dengan stimulasi langsung dari kulit dengan tekanan, membelai, getaran, atau cahaya.

  1. Biduran rangsangan non-spesifik

Biduran akut dapat hasil dari “non-spesifik” adalah ketika ada degranulasi sel mast dalam ketiadaan alergen yang didefinisikan. Penyakit virus akut pada anak-anak dapat dikaitkan dengan biduran yang berlangsung beberapa minggu dan kemudian secara spontan mereda. Kondisi tersebut pada umumnya disertai kondisi  dari gejala rinitis virus, faringitis, atau bronkitis. Ketika pasien tersebut diberi antibiotik, penyebab sarang menjadi kurang jelas karena reaksi obat menjadi kemungkinan menjadi alternatif.

Mungkin sekarang anda telah mengetahui jenis mana biduran yang sedang anda alami, banyak pnegobatan yang bisa di lakukan untuk mengatasi biduran dengna berbagai jenis di atas. Berikut obat biduran yang paling ampuh.

5 Obat biduran paling ampuh

  1. Antihistamin

Antihistamin bekerja dengan cara menghalangi efek histamin, membantu menghentikan rasa gatal dan mengurangi ruam. Contoh antihistamin untuk mengobati biduran meliputi: Cetirizine Fexofenadine Loratadine Chlorphenamine (CTM) Bagi kebanyakan orang, obat gatal antihistamin generasi baru tidak menyebabkan kantuk, meski ada beberapa pengecualian. Oleh sebab itu, selalu perhatikan keterangan pada label mengenai efek antihistamin terhadap rasa kantuk sebelum mengemudi atau mengoperasikan mesin berat. Bagi ibu hamil harus berhati-hati dan selalu berkonsultasi dengan dokter, antihistamin biasanya tidak diresepkan, karena belum diketahui tingkat keamanannya. Namun, chlorphenamine dapat direkomendasikan, jika diyakini bahwa manfaatnya lebih besar daripada risikonya. Tidak ada bukti bahwa chlorphenkine membahayakan janin dalam kandungan.

  1. Tablet Kortikosteroid

Penggunaan singkat tablet kortikosteroid dosis tinggi, seperti prednisolon, akan diresepkan oleh dokter untuk mengobati kaligata yang parah. Kortikosteroid bekerja dengan cara menekan sistem imun atau kekebalan tubuh, dengan demikian histamin tidak banyak terbentuk sehingga mengurangi gejala urtikaria. Umumnya diperlukan pengobatan dengan prednisolon selama tiga sampai lima hari.

  1. Antagonis reseptor leukotrien

Antagonis reseptor leukotrien adalah jenis obat yang dapat membantu mengurangi kemerahan dan pembengkakan akibat biduran. Obat biduran ini bisa menjadi alternatif pengobatan jangka panjang sebagai pengganti tablet kortikosteroid karena obat ini tidak memiliki risiko efek samping seperti steroid. Obat ini jarang menimbulkan efek samping dan relatif ringan, seperti sakit kepala dan mual.

  1. Siklosporin

Dalam sekitar dua-pertiga kasus, obat yang disebut siklosporin telah terbukti efektif dalam mengobati biduran. Siklosporin bekerja dengan cara yang mirip dengan kortikosteroid, yakni menekan efek sistem kekebalan tubuh yang membahayakan.

  1. Kunyit

Obat biduran selanjutnya bahan alami khas indonesia dan banyak di temukan di seluruh pelosok negeri. Yaitu Kunyit. Untuk bisa mengobati biduran, kunyit ini harus dicampurkan dengan berbagai macam bahan herbal lainnya. Bahan herbal yang digunakan untuk mengobati biduran adalah kunyit sebanyak 20 gram, daun sambiloto sebanyak 10 gram, 30 gram daun kelor, 1 sdm adas dan 3 butir bawang merah.

  • Cuci bersih semua bahan bahan tersebut.
  • Setelah dicui bersih tumbuk semua bahan bahan itu sampai benar benar halus dan lembut.
  • Rebuslah bahan bahan yang sudah ditumbuk itu menggunkan 600 cc air atau sekitar 3 gelas air.
  • Tunggu sampai mendidih, saat mendidih sisakan air rebusan tersebut menjadi setengahnya.
  • Saring air rebusan itu agar terpisah dengan ampasnya.
  • Minum air rebusan itu sebanyak tiga kali dalam sehari dengan meminum ramuan masing masing setengah gelas banyaknya.

Itulah beberapa informasi tentang penyakit gatal biduran, semoga bermanfaart terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *