Cara Mengobati Kurap secara Alami

Cara Mengobati Kurap Dengan Cepat dan Alami

Posted by

Cara mengobati kurap dengan cepat dan alami – Kurap adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur. Ada banyak jenis jamur (fungi) yang bisa menyerang manusia dan beberapa di antaranya dapat menginfeksi kulit, kuku, dan rambut. penyakit ini juga dapat muncul di selangkangan dan kaki. Kurap yang juga dikenal dengan istilah ‘tinea’ ini termasuk penyakit yang umum dan dapat menyerang siapa saja, terutama anak-anak. Kurap menyerang manusia bukan tanpa penyebab, banyak faktor pendukung yang memudahkan kurap menyerang diantaranya sebagai berikut :

Cara Mengobati Kurap secara Alami

Penyebab penyakit kurap di kulit:

1. Jamur

Penyebab utama atau penyebab primer dari kurap adalah jamur dengan jenis dermatofit. Jamur ini adalah jamur yang mampu bertahan di kulit manusia. Jamur yang ada di kulit manusia ini mampu bertahan hidup dengan cara mengambil keratin bahan dasar di jaringan kulit, rambut dan juga di kuku manusia.

2. Kontak Kulit dengan Penderita Kurap

Salah satu penyebab kurap sekunder adalah kontak kulit dengan penderita kurap. Hal itu bisa menjadi penyebab seseorang yang belum terkena kurap mudah terkena kurap. Oleh sebab itu jika anda berada di dekat orang yang terkena kurap anda tidak boleh menyentuh kurap yang dimiliki oleh orang tersebut.

3. Pakaian Kotor

Salah satu penyebab timbulnya jamur di kulit anda adalah anda sering menggunakan pakaian kotor sehingga tubuh akan mudah teirnfeksi dengan jamur. Pakaian kotor itu bisa menyebabkan anda tidak hanya terkena kurap namun bisa terkena berbagai macam penyakit kulit.

4. Kurang Menjaga Kebersihan

Penyebab kurap sekunder adalah anda kurang bisa menjaga kebersihan. Terutama kebersihan diri anda pribadi. Orang yang jarang mandi pagi maupun sore hari akan mudah terkena kurap. Ketika ada jamur dermatofit di sekitar anda, anda akan mudah sekali terkena jamur tersebut. Jamur pun bisa mudah sekali tumbuh dan berkembangbiak di jaringan kulit anda dan menjadi akibat jarang mandi pagi dan sore.

Baca juga : Obat gatal di selangkangan

5. Mandi Bersama-sama

Bahaya mandi di kolam renang umum secara bersama-sama adalah anda akan mudah terkena penyakiut kulit misalnya saja kurap. Anda tidak bisa memastikan bahwa semua orang yang satu kolam renang dengan anda memiliki kulit yang bersih dari penyakit kulit. Oleh sebab itulah anda harus waspada akan dampak yang satu ini. Tidak hanya itu saja, meskipun anda hanya berenang sendiri di kolam renang umum anda juga bisa terkena penyakit kulit dikarenakan tidak semua kolam renang kebersihan airnya terjaga dengan baik. Ada kolam renang yang jarang dikuras atau dibersihkan. Hal itulah yang bisa membuat perkembangbiakan jamur ada di dalam kolam renang tersebut.

6. Memiliki Faktor Resiko Kurap

Salah satu hal yang menyebabkan seseorang terkena kurap adalah dia memiliki faktor resiko kurap. Orang yang memiliki faktor resiko kurap akan mudah sekali terkena kurap oleh sebab itu bagi anda yang memiliki faktor resiko di bawah ini sebaiknya anda berhati-hati dengan penyakit kurap
Namun jangan khawatir karena bakteri yang menyebabkan kurap bisa di cegah bahkan bisa di obati, sangat banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi penyakit kulit yang satu ini, kebanyakan orang yang mempunyai penyakit kurap enggan pergi ke dokter untuk di periksa, pasalnya meskipun penyakit kurap adalah penyakit yang biasa namun menimbulkan rasa minder malu dan tidak percaya diri, bahkan untuk ke dokterpun malu, nah untuk anda yang ingin mengatasi kurap namun tidak ingin pergi ke doter berikut ada alternatifnya.

Baca juga : Cara mengobati gatal di sela-sela jari

Cara mengobati kurap dengan cepat dan alami

1. Bawang Putih

Bawang putih menjadi salah satu bahan yang bisa mengobati banyak penyakit, termasuk kurap. Bawang putih akan membantu meningkatkan efek kulit terutama untuk melawan jamur dan sumber infeksi. Bawang putih bahkan bisa mengatasi masalah kulit sekitar kurap yang sering terkena efek perubahan warna.

Caranya mengobati kurap dengan bawang putih :

– Mengupas bawang putih menjadi lebih bersih.
– Kemudian iris sedikit bagian bawang putih hingga mengeluarkan getah putih dan aroma yang sangat kuat.
– Setelah itu usapkan pada bagian kurap secara langsung.
– Awalnya akan terasa perih namun efek ini tidak perlu dikhawatirkan.
– Anda juga bisa menempelkan irisan bawang putih ke bagian kurap selama beberapa jam.

2. Minyak Kelapa

Minyak kelapa selain untuk mengobati penyakit kurap minyak kelapa juga akan membersihkan kulit dari bekas kurap secara alami.

Caranya mengobati kurap dengan minyak kelapa :

– Oleskan minyak kelapa secara langsung ke bagian kurap.
– Lakukan selama beberapa kali dalam sehari.
– Setelah beberapa hari maka bagian kurap akan pulih seperti semula. Minyak kelapa juga akan membantu membersihkan sisa kurap hingga benar-benar sembuh.

3. Larutan Cuka dan Garam

Larutan cuka dan garam bisa membantu mengatasi kurap secara alami dan sangat aman. Berikut langkah – langkahnya :

– Pertama Anda bisa membuat pasta atau masker dari bahan cuka dan garam yang lembut.
– Setelah itu serap dengan kapas yang lembut dan tempelkan ke bagian kurap selama 10 menit.
– Jika sudah terasa hangat maka angkat kapas dan bersihkan bagian kurap.
– Perawatan ini bisa menyembuhkan kurap dalam waktu kurang dari satu minggu.
– Namun perawatan harus dilakukan secara cermat dan hindari pasta terkena bagian kulit lain.

4. Lengkuas

Cara mengobati kurap secara alami berikutnya adalah lengkuas. Lengkuas mengandung getah dengan aroma yang kuat. Kandungan senyawa esensial dalam getah lengkuas bisa membantu membasmi bakteri kurap dengan cepat. Kandungan bahan alami ini juga bisa membuat kurap sembuh tanpa ada efek samping.
Caranya adalah

– Cuci bersih lengkuas dan iris menjadi tipis-tipis.
– Tempelkan irisan lengkuas tersebut ke bagian kurap selama beberapa saat.
– Tumbuk lengkuas hingga lembut kemudian
– Campur dengan cuka.
– Setelah itu tempelkan ke bagian kulit yang terkena kurap.

5. Pepaya

Obat alami lainnya adalah pepaya mentah, yang masih hijau. Di dalamnya ada kandungan enzim luar biasa, khususnya chymopapain dan papain.berikut cara nya :

– Belilah pepaya yang masih mentah dan biasanya berwarna hijau. Potong-potonglah dan potongan tersebut bisa digosokkan langsung ke bagian ruam kurap.
– Buatlah pasta dari pepaya mentah bila tak ingin menggosokkan langsung potongan pepaya. Dengan menggilingnya hingga halus, pasta pepaya pun jadi dan bisa langsung diaplikasikan. Tinggalkan setelah itu selama maksimal 20 menit sebelum membilasnya memakai air hangat. Melakukannya sehari 2-3 kali akan sangat berguna dan memberikan efek kesembuhan luar biasa.

Itulah beberapa Cara mengobati kurap dengan cepat dan alami. Terimakasih semoga membantu anda ataupun keluarga sahabat bahkan tetangga yang mengalami penyakit kurap. Lakukan dengan cara yang benar maka hasinya pun akan sesuai dengan harapan anda .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *