Cara Mengobati Gatal – Gatal Akibat Kutu Tungau

Cara Mengobati Gatal – Gatal Akibat Kutu Tungau

Posted by

Cara mengobati gatal – gatal akibat kutu tungau – Tungau adalah sejenis serangga yang berukuran kecil yang masuk dalam kategori keluarga arakhnida. Ada juga yang menyebut serangga ukuran mini ini dengan nama tengu. Tungau ini biasanya ditemukan di luar ruangan, terutama di rumput, hutan dan daerah sedikit lembab samping danau dan sungai.Karena ini tungau yang kecil dan hanya dapat dilihat dengan kaca pembesar, sulit untuk melihat mereka dengan mata telanjang dan mencegah gigitannya.Tungau yang sering mengakibatkan gatal ini bernama sarcoptes scabiei. Biasa hidup di daerah yang lembab-lembab, sering menempel pada kain seperti kasur, bed cover, selimut, tirai baju dan lainnya. dan makanannya jaringan kulit mati pada manusia yang rontok. Banyak cara mengobati gatal – gatal akibat kutu tungau yang bisa anda lakukan, intinya anda harus tetap menjada kebersihan lingkungan dan anggota tubuh.

Cara Mengobati Gatal – Gatal Akibat Kutu Tungau

 

Penyebab terkena kutu tungau

Anda mungkin tidak tahu kapan tungau ini menggigit Anda. Namun, gejalanya mulai terasa setelah beberapa jam kemudian.Berikut ini adalah penyebab kutu tungau menempel pada tubuh:

  • Kurang menjaga kebersihan dalam tubuh kita, khususnya di area lembab yang tumbuh rambut.
  • Kurang sadar kebersihan lingkungan, karena dapat ditularkan melalui handuk, pakaian, dan tempat tidur yang kurang terjaga kebersihannya.
  • Kurang menjaga kebersihan pakaian dalam atau sering tidak diganti dalam jangka waktu yang lama.
  • Melalui hubungan badan dengan pasangan yang terkena kutu kemaluan ini.
  • Pada anak-anak biasanya tertular melalui lingkungan tempat bermain yang lembab atau berpasir.

Cara mengobati gatal – gatal akibat kutu tungau

Gejala yang paling umum termasuk rasa gatal, bengkak, ruam dan benjolan merah di kulit. Dalam kebanyakan kasus, gigitan tungau tidak berbahaya bagi kesehatan Anda. Tungau biasanya menggigit di sekitar pinggang, pergelangan kaki atau lipatan kulit. Dibutuhkan sekitar 1 sampai 3 minggu untuk menyembuhkan gigitan tungau ini. Untuk Cara mengobati gatal – gatal akibat kutu tungau, Anda bisa mencoba beberapa pengobatan rumahan sederhana

  1. Mandi air panas

Gunakan sabun antiseptik ringan dan gosok lembut tubuh Anda secara menyeluruh saat mandi. Setelah mandi, benar-benar tepuk kering tubuh Anda dengan handuk lembut. Jangan menggosok tubuh Anda, karena hal ini dapat menyebabkan ruam dan rasa sakit.

Baca juga : Obat alergi di kulit paling ampuh

  1. Baking soda

Baking soda adalah obat lain yang efektif untuk mengurangi ruam serta gatal-gatal. Karena berfungsi sebagai penetral asam alami yang membantu mengurangi rasa gatal. Bahkan mengurangi risiko infeksi.

  1. Lidah buaya

Lidah buaya mengandung sifat anti-inflamasi yang sangat baik yang dapat membantu mengurangi pembengkakan, peradangan dan nyeri. Vitamin E-nya membantu menjaga kelembaban kulit, yang pada gilirannya akan mengurangi gatal.

  1. Dengan Kapur Sirih

Menurut nenek saya, apabila seseorang terkena kutu kemaluan. Dapat dihilangkan dengan cara mengoleskan kapur sirih di area yang terkena kutu. Ini akan membuat kulit kemaluan menjadi dingin, dan kutu akan melepaskan diri dari kulit.

  1. Tembakau

Jika menggunkan kapur sirih tengunya belum hilang, anda bisa menggunakan tembakau. Ambil tembakau secukupnya lalu campur dengan sedikit air dan di oleskan pada area yang terdapat tengu tadi.

Itulah beberapa informasi mengenai Cara mengobati gatal – gatal akibat kutu tungau, tetap jaga kebersihan lingkungan baik itu di luar rumah maupun di dalam rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *