Cara Mengobati Eksim Yang Tak Kunjung Sembuh

Cara Mengobati Eksim Yang Tak Kunjung Sembuh

Posted by

Cara mengobati eksim yang tak kunjung sembuh – Eksim adalah kelainan kulit dengan ciri peradangan atau bengkak, kemerahan, dan rasa gatal. Walaupun tidak menular, kelainan ini menyebabkan rasa tidak nyaman pada bagian kulit yang terkena. Eksim umumnya terjadi pada masa kanak-kanak, misalnya pada bayi dan anak usia muda. Pada awitannya, bagian-bagian kulit tertentu akan memerah, teriritasi, kering, dan bersisik. Beberapa kasus eksim bahkan dapat menyebabkan pembentukan lepuh yang nantinya akan mengeluarkan air. Pengeluaran air ini merupakan indikasi bahwa eksim sudah menjadi infeksi. Eksim (Eczema) juga dikenal sebagai dermatitis.

Cara Mengobati Eksim Yang Tak Kunjung Sembuh

Penyakit eksim ini terbagi menjadi beberapa jenis, berikut jenis-jenis eksim :

1. Dermatitis Atopik

Penyakit eksim dermatitis atopik ini didasari oleh dasar genetik, biasanya ditandai dengan adanya kecenderungan terbentuknya antibodi imunoglobulin E dalam tubuh pendeeritanya dan paparan alergen yang sering terjadi. Penyakit dermatitis atopik ini disebabkan oleh penderita memiliki kulit sensitif terhadap rangsangan yang dipengaruhi oleh suhu, kelembaban, kebersihan, dan faktor iritan.

2. Dermatitis Seboroik

Dermatitis ini merupakan jenis penyakit eksmin yang terjadi pada lokasi yang keras, seperti daerah yang kaya akan kelenjar minyak, daerah rambut, alis, lipat hidung, belakang telinga, dada dan berbagai lipatan kulit. Gejala yang muncul adalah tampak kemerahan pada kulit, bercak, dan sembab yang bebatas tegas. Bisa terlihat kering atau berminyak kekuningan, dan juga disertai dengan rasa gatal.Kelainan ini biasanya muncul ketika bayi berusia 6-8 minggu dan puncaknya pada 2-3 bulan. Sedangkan pada anak balita tidak pernah terjadi dermatitis seboroik.

3. Dermatitis Intertrigo

Dermatitis jenis ini merupakan suatu kelainan kulit di daerah lipatan, seperti lipatan tubuh akibat banyak keringat, kegemukan, dan gesekan kulit. Penyakit eksim jenis ini bisa timbul sejak seseorang masih bayi hingga ia menjadi dewasa atau usia tua. Gejala yang timbul yaitu bercak kemerahan dan sembab di lipatan kulit, leher, ketiak, lipatan payudara, dan lipatan pantat. Dalam kondisi seperti mudah sekali terjadi infeksi sekunder yang disebabkan oleh jamur (candida albicans) yang biasa terdapat pada dubur.

4. Dermatitis Numularis (Eksim Basah)

Penyakit eksim basah ini biasanya ditandai dengan beberapa gejala berikut ini :
– Bercak bersisik
– Bentuknya bulat
– Berbatas tegas
– Berbintil-bintil yang ada airnya
– Terasa sangat gatal.

Lokasi yang paling sering diserang oleh eksim basah ini adalah pada bagian punggung dan dada. Kata Numularis sendiri diambil dari nummulus yang berarti koin kecil, kelainan ini sering ditemui pada orang dewasa.

Untuk semua jenis eksim memang ada yang dengan mudah disembuhkan, ada juga yang bandel sulit di sembuhkan, namun jangan khawatir karena banyak Cara mengobati eksim yang tak kunjung sembuh, baik itu dengan metode alami maupun obat apotek. Kebanyakan orang tidak mengetahui bagaimana cara menangani eksim yang membandel dan sulit disembuhkan, sebenarnya untuk masalah penyakit kulit yang satu ini ada metode alami yang bisa dilakukan.

Cara mengobati eksim yang tak kunjung sembuh dengan obat yang alami :

1. Minyak kelapa

Minyak kelapa, memiliki khasiat anti jamur, anti bakteri, antimikroba dan antioksidan.Selain itu, minyak kelapa mengandung nutrisi seperti asam laurat, vitamin K dan E, yang membantu memerangi gatal dan menghasilkan efek sejuk di kulit. Berikut cara mengobati eksim yang tak kunjung sembuh dengan minyak kelapa :
– oleskan langsung minyak kelapa ke kulit yang gatal. Oleskan beberapa kali dalam sehari, lebih sering semakin lebih baik untuk meredakan gatal.
– konsumsi 2 sampai 4 sendok makan minyak kelapa murni setiap hari untuk membantu meringankan gejala eksim dan meningkatkan kekebalan tubuh Anda secara keseluruhan. Bisa dengan menenggak langsung minyak kelapa atau menambahkannya ke makanan atau minuman Anda.

Baca Juga : Obat Panu Alami

2. Kunyit

Kunyit mengandung antioksidan yang sangat bagus untuk kulit, selain itu curcumin atau bahan aktif yang ada dalam kunyit, memiliki sifat anti-inflamasi dan bakterisida yang membantu mengobati peradangan dan gatal kulit.Berikut cara menggunakan kunyit sebagai obat eksim alami:
– Campur satu setengah sendok teh kunyit dengan susu secukupnya, jadikan sebagai krim oles kulit.
– Kemudian oleskan krim ini pada kulit yang terkena sebanyak dua kali sehari sampai kemerahan dan gatal hilang.
– menambahkan satu setengah sendok teh kunyit pada air mendidih dan aduk selama 10 menit. Biarkan dingin, lalu Anda bisa meminumnya atau digunakan untuk membilas area eksim yang terasa gatal.

3. Lengkuas

– Pertama-tama cuci lengkuas dan kunyit hingga bersih, lalu parut kedua bahan tersebut.
– Setelah itu, campurkan kedua bahan tersebut dan tambahkan sedikit kapur sirih.
– Kemudian kompres kulit yang terkena eksim kering dengan air hangat, lalu keringkan dengan handuk bersih yang lembut.
– Selanjutnya balurkan ramuan yang telah dibuat tadi secara merata pada kulit yang terkena eksim, lalu balut dengan menggunakan perban agar tidak terkena air dan sabun.
– Ganti secara rutin 2 kali sehari dengan ramuan yang baru

4. Gel lidah buaya

Lidah buaya memiliki beberapa khasiat yang menjadikannya sebagai pengobatan yang efektif untuk eksim. Lidah buaya, memiliki zat anti inflamasi yang dapat membantu menenangkan rasa gatal sekaligus sensasi terbakar pada kulit eksim. Ditambah lagi, sifat anti mikroba lidah buaya dapat mencegah infeksi kulit lebih lanjut. Kelebihan lidah buaya, antara lain juga dapat menghidrasi kulit dan menjaga agar tetap lembab.

5. Oatmeal

Oatmeal ternyata memiliki sifat anti-inflamasi, yang dapat membantu meredakan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh gatal akibat eksim. Berikut cara mengobati eksim yang tak kunjung sembuhdengan menggunakan oatmeal :
– Siapkan selembar kain tipis dan bersih serta oatmeal kering. Tuang 3 sendok oatmeal ke dalam kain tersebut, lalu ikat oatmeal di dalam kain menyerupai bundel kecil.
– Tampung air yang akan Anda gunakan untuk mandi. Lalu Anda bisa memasukan bundel kain yang berisi oatmeal ke dalam bak mandi yang telah diisi air. Rendam selama kurang lebih 15 menit.
– Angkat bundel oatmeal tersebut, lalu gosok ke bagian tubuh yang terkena eksim. Anda juga bisa membilas tubuh dengan air bak mandi, yang sebelumnya berisi bundel oatmeal.
– Lakukan rutin metode oatmeal ini, hingga gatal eksim mereda dalam beberapa waktu

Itulah beberapa bahan alami dan masih banyak lagi, Selain menggunakan bahan alami cara mengobati eksim yang tak kunjung sembuh bisa juga menggunakan salep atau obat lainya yang ampuh mengobati eksim yang membandel, anda bisa konsultasi ke dokter atau ke orang yang pernah mengalami penyakit eksim, terimakasih semoga bermanfaat dan dapat membantu menyembuhkan penyakit eksim yang membandel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *