Cara Mengatasi Gatal di Selangkangan

Cara Mengatasi Gatal di Selangkangan

Posted by

Cara mengatasi gatal di selangkangan – Kesehatan memang sangat mahal, anda akan merasakan itu ketika anda sakit, baik itu sakit karena penyakit dalam ataupun penyakit luar, karena ketika anda sedang sakit pasti akan melakukan segala hal untuk mengobatinya bahkan dengan mengeluarkan uang yang sangat banyak. Termasuk dengan salah satu penyakit luar seperti penyakit gatal pada kulit, penyakit yang terjadi pada kulit tidak hanya satu namun sangat banyak sekali, berikut beberapa penyakit yang bisa terjadi pada kulit :

Cara Mengatasi Gatal di Selangkangan

1. Eksim

Gejala utama yang dirasakan penderita eksim adalah rasa gatal yang berlebihan pada kulit. Lalu disertai dengan kulit memerah, bersisik dan pecah-pecah, timbul gelembung gelembung kecil mengandung air atau nanah. Tangan, kaki, lipatan paha dan telinga adalah bagian tubuh yang paling sering terkena eksim. Eksim terbagi menjadi dua, yaitu eksim kering dan basah, Pada eksim basah, juga akan terasa panas dan dingin yang berlebihan pada kulit. Eksim disebabkan karena alergi terhadap rangsangan zat kimia tertentu seperti yang terdapat dalam detergen, sabun, obat-obatan dan kosmetik, kepekaan terhadap jenis makanan tertentu seperti udang, ikan laut, telur, daging ayam, alkohol, vetsin (MSG), dan lain-lain. Eksim juga dapat disebabkan karena alergi serbuk sari tanaman, debu, rangangan iklim, bahkan gangguan emosi.

2. Kudis

Kudis adalah penyakit yang disebabkan oleh parasit tungau yang gatal yaitu sarcoptes scabiei var hominis. Kulit terjangkit kudis lebih banyak terjadi di daerah kumuh dan tidak menjaga kebersihan tubuh. Gejala kudis adalah adanya rasa gatal yang begitu hebat pada malam hari, terutama di sela-sela jari kaki, tangan, di bawah ketiak, alat kelamin, pinggang dan lain-lain. Kudis sangat gampang menular pada orang lain, secara tidak langsung maupun tidak langsung. Secara langsung tentu saja melalui sentuhan kulit terkena kudis dengan kulit orang lain. Secara tidak langsung bisa menular melalui handuk atau pakaian yang dipakai secara bergantian dengan penderita kudis. Cara sangat mudah untuk menghindari kudis tentu saja dengan menjaga kebersihan lingkungan dan tubuh.

3. Gatal di selangkangan

Salah satu penyakit kulit yang sering menyerang baik itu anak – anak dewasa ataupun tua yaitu gatal di selangkangan, gatal di selangakanga nterjadi karena adanya jamur yang mengendap di pori-pori kulit karena mungkin jarang d bersihkan atau karena type kulit yang gampang terkena jamur, Jamur bisa menginfeksi kulit mana saja, terutama bagian-bagian tubuh yang lembab, salah satunya adalah daerah selangkangan atau lipat paha. Infeksi jamur di selangkangan disebut dengan tinea cruris yang disebabkan oleh jamur tipe dermatofita yang juga umum menginfeksi bagian kulit lainnya. Infeksi jamur kulit umumnya menyebabkan rasa gatal, begitupula jamur di selangkangan gejala utamanya adalah gatal-gatal terutama ketika berkeringat serta ciri-ciri lain yang akan kita bahas dalam artikel ini. Namun perlu diingat bahwa tidak semua gatal di selangkangan disebabkan oleh jamur.

Baca Juga : Obat Panu Alami

Beberapa penyakit kulit di atas tentunya ada sebab, akibat dan cara mengatasi nya, kita akan bahas salah satu penyakit di atas yaitu tentang gatal diselangkangan, sebelum masuk ke cara mengatasi gatal di selangakangan alangkah baiknya kita ketahui dulu lebih detail tentang penyakit tersebut, pertama kita akan bahas kenapa gatal di selangkangan terjadi.

Penyebab gatal di selangkangan:

1. Infeksi jamur

Salahs atu penyebab terjadinya gatal di selangkangan yaitu karena jamur, Seiring rasa gatal, ada ruam yang muncul meskipun penampilan ruam bervariasi tergantung pada jenis jamur yang menyebabkan gatal. Misalnya, jika infeksi jamur, Anda mungkin memerhatikan daerah selangkangan lembab atau area mengkilap pada kulit penis, Jamur yang muncul mungkin tak banyak tapi pertumbuhannya dapat menyebabkan infeksi.

2. Iritasi kulit

Gesekan kulit antara paha dan selangkangan seperti ketika Anda sedang berlari, bisa memicu infeksi. Menggosoknya hanya akan menyebabkan peradangan pada lapisan luar kulit. Hal ini akan membuat kulit kemerahan, ruam seperti luka bakar dan gatal-gatal. Kulit juga dapat bersisik.

3. Intertrigo

Muncul ruam merah yang gatal biasanya di daerah yang banyak mengandung uap air dari keringat, seperti pangkal paha, antara lipatan perut, di bawah lengan Anda, atau antara jari-jari kaki. Kelembaban dapat memacu pertumbuhan berlebih bakteri dan jamur.

Itu beberapa penyebab terjadinya gatal di selangkangan, namun jangan khawatir semua itu bisa di atasi, sangat banyak sekali cara mengatasi gatal di selangkangan.

Cara mengatasi gatal di selangkangan :

1. Menjauhi Makanan Pemicu Alergi

Mempunyai riwayat alergi seharusnya menjadikan Anda lebih waspada dalam memilih makanan yang hendak dikonsumsi. Ketika mengonsumsi makanan yang merupakan alergen tersebut, ada kemungkinan gatal tak hanya muncul di selangkangan saja, namun juga di punggung, leher, tangan bahkan hingga kaki.

2. Mandi Teratur

Hal yang sangat penting dan sering di anggap biasa saja padahal berdampak besar dalam penyakit kulit terutama gatal pada selangkangan yaitu mandi dengan teratur, mandi yang teratur bisa membunuh bakteri, jamur dan faktor penyebab lainya, biasakan sehari minimal mendi 2 kali, sebelum beraktifitas dan sesudah aktifitas.

3. Membilas dengan Air Garam

Bila ingin hasil yang memuaskan dalam mengatasi dan mengobati gatal di selangkangan, cobalah untuk memakai air garam untuk membilas bagian yang gatal-gatal. Gatal dan bakteri serta jamur yang menyerang area tersebut akan dilawan oleh kandungan antibakteri pada garam. Saat sesudah mandi atau kapanpun Anda mau, pakailah cara ini.

4. Menggunakan Bawang Putih

Sifat antibakteri dari bawang putih sangat kuat dan karena itulah Anda mampu memanfaatkannya sebagai salah satu obat gatal alami untuk meredakan gejala gatal secara instan.

Bila rasa gatal terus-terusan terasa begitu mengganggu, jangan ragu untuk menggunakan bawang putih demi meredakannya. Cukup dengan menyediakan 2-3 siung yang dikunyah-kunyah dan ditelan sudah akan dapat dirasakan hasilnya. Jika berani dengan rasa panasnya, buatlah menjadi bentuk pasta lalu aplikasikan ke area selangkangan yang kemudian ditutup dengan kain bersih. Tak perlu khawatir akan bahaya bawang putih mentah karena khasiatnya jauh lebih besar.

5. Menggunakan daun sirih

Cara mengatasi gatal di selangkangan menggunakan daun sirih sebagai berikut : Ambilah 10 lembar daun sirih yang telah dicuci bersih, gunakan 5 lembar untuk digosok-gosokkan ke bagian yang gatal, dan 5 lembar sisanya direbus selama 2 sampai 5 menit. Cara penggunaannya cukup mudah, setiap 1 lembar daun sirih digunakan untuk 1 kali gosokan pada daerah yang gatal lalu buang daun sirih daun sirih yang telah dipakai kemudian ganti daun sirih yang baru dan begitu seterusnya. Setelah itu, cucilah bagian selangkangan anda dengan menggunakan air rebusan daun risih tersebut. Hal ini dilakukan agar rasa gatal diselangkangan benar-benar merasa hilang secara perlahan.

Nah itulah beberapa cara mengobati gatal di selangkangan, silahkan coba di rumah mudah-mudahan dapat bermanfaat dan membantu. terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *